Senin, 10 September 2012

Pengertian Routing


Ada yang masih belum tahu apa yang dimaskud dengan Routing ??? sebenarnya routing merupakan proses dimana sesuatu dibawa dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Contoh riil sesuatu yang membutuhkan perutean adalah surat, panggilan telepon, perjalanan kereta api dll. Pada suatu jaringan router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan trafik jaringan.
Untuk dapat melakukan perutean, suatu router atau entitas apapun yang membangun routing, melakukan beberapa langkah berikut ini :
  • Mengetahui alamat tujuan ke tujuan (alamat) mana sesuatu yang diretukan dikirim.
  • Mengenali sumber-sumber informasi perutean dari sumber-sumber (router-router lain) mana saja, suatu router dapat memepelajari jalur-jalur menuju tujuan.
  • Menentukan rute-rute atau jalur-jalur mana saja yang mungkin dapat dilalui untuk mencapai alamat tujuan.
  • Memilih jalur atau rute terbaik untuk menuju alamat tujuan yang dimaksud.
  • memelihara dan memverifikasi informasi routing, apakah jalur-jalur ke tujuan yang telah diketahui masih berlaku dan benar.
Pada suautu jaringan komputer, touter mempelajari informasi routing dari sumber-sumber routingnya yang terletak didalam tabel routing (routing table). Router akan berpedoman pada tabel ini untuk menyatakan port mana yang digunakan mem-forward paket-paket yang dtujukan kepadanya.
  • Jika jaringan tujuan terhubung langsung dengan router, maka router sudah mengetahui port mana yang digunakan untuk mem-forward paket.
  • Jika jaringan tujuan tidak terhubung langsung dengan router, maka router harus mempelajari rute terbaik untuk mem-forward paket ke tujuan.
Informasi rute ini dapat dipelajari oleh router dalam 2 metode, yaitu :
  1. Dimasukkan secara manual oleh administrator jaringan, disebut static routes.
  2. Dikumpulkan melalui proses-proses dinamis yang berjalan dijaringan, tersebut sebagai Dynamic Routes.
Cara Merawat Motherboard Agar Awet 09:39 Waskim Kim 1 comment Cara Merawat Motherboard Agar Awet - Setelah membahas tentang tips merawat hardisk sekarang kita akan bahas cara merawat motherboard. Bagi yang belum tahu apa itu motherboar, ada baiknya kita kenali dulu apa itu motherboard. Bagaimana kita mau merawatnya kalau barangnya aja kita gak tahu. Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat (wikipedia). Itu pengertian motherboard menurut wikipedia, mungkin dengan definis seperti itu masih ada yang bingung. Hehe…saya juga dulu bingung pas baru mengenal komputer, yang ini namnaya apa, yang itu namanya apa. Secara fisik motherboard adalah hardware atau perangkat keras komputer yang terdiri dari papan elektronik dan memiliki fungsi untuk menanamkan harware-hardware lainnya seperti VGA, Soun Card, LAN Card dan lain sebagainya. Ah biar gak bingung saya kasih gambarnya aja deh. Nih gambarnya ada di bawah. Gambar Motherboard Komputer Cara Merawat Motherboard Agar Awet Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet). Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dalam seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar