Minggu, 08 April 2012

Cara mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras menggunakan program penataan Windows XP

Artikel ini menjelaskan bagaimana partisi (menyiapkan) dan memformat hard disk sebelum Anda menginstal Windows XP menggunakan program penataan Windows XP. Artikel ini juga berisi hal-hal untuk dipertimbangkan sebelum membuat partisi atau memformat hard disk, dan link ke sumber daya yang dapat membantu Anda memecahkan masalah jika terjadi masalah. Artikel ini ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut.

Anda dapat menggunakan metode lain untuk mempartisi dan memformat hard disk sebelum Anda menginstal Windows XP, seperti alat-alat Fdisk dan Format. Untuk informasi tambahan tentang cara menggunakan Fdisk dan Format untuk partisi dan memformat hard disk, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:
255867  Bagaimana menggunakan alat Fdisk dan Format alat untuk partisi atau mempartisi hard
Jika komputer Anda sudah menjalankan Windows XP, dan Anda ingin membuat partisi selain sistem atau partisi Startup, Anda dapat menggunakan alat-alat Manajemen Disk Windows XP. Untuk informasi tambahan tentang bagaimana menggunakan alat-alat Manajemen Disk Windows XP ke partisi dan format hard disk Anda, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di Basis Pengetahuan Microsoft:
309000  Cara Menggunakan Manajemen Disk untuk mengkonfigurasi disk dasar pada Windows XP.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Sebelum Anda mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras

Sebelum Anda mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras Anda, pastikan bahwa Anda lakukan hal berikut:

Mempersiapkan hard disk menurut petunjuk pabrik

Jika Anda menggunakan SATA hard disk, loncati langkah ini dan pergi ke bagian "Menentukan jenis sistem berkas yang ingin Anda gunakan". Jika Anda menggunakan IDE hard disk, set jumper dan pengkabelan menurut peran hard disk (misalnya, master atau bawahan) dan membuat setiap diperlukan BIOS (atau CMOS) perubahan. Untuk mengatur jumper dan kabel, dan membuat perubahan BIOS atau CMOS jika diperlukan, lihat dokumentasi yang disertakan dengan perangkat keras dan motherboard Anda, atau hubungi produsen.

Menentukan jenis sistem berkas yang ingin Anda gunakan

Anda dapat menggunakan sistem berkas NTFS atau FAT. NTFS adalah sistem file pilihan untuk memformat hard disk kecuali jika Anda ingin menjalankan versi Windows yang tidak bisa membaca partisi NTFS. Untuk tambahan informasi tentang perbedaan antara FAT dan NTFS file sistem, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dalam Pengetahuan Microsoft Base:
100108  Ikhtisar sistem berkas FAT, HPFS, dan NTFS
310525  Deskripsi sistem file FAT32 pada Windows XP

Jika hard disk sudah berisi data, kembali ke atas

Pastikan bahwa Anda membuat cadangan semua data penting Anda sebelum Anda melanjutkan. Ketika Anda mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras, semua data pada partisi yang dihapus secara permanen. Anda dapat melihat informasi partisi tanpa menghapus data. Untuk informasi tambahan tentang cara menggunakan cadangan utilitas atau file dan pengaturan Transfer Wizard, klik berikut nomor artikel untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
320820  Cara menggunakan utilitas Cadangan untuk membuat cadangan file dan folder dalam Windows XP Home Edition
309340  Cara menggunakan Cadangan untuk memulihkan berkas dan map di komputer Anda dalam Windows XP
293118  Cara menggunakan file dan pengaturan Transfer Wizard
306186  Cara menggunakan file dan pengaturan Wisaya Transfer dari CD-ROM
306187  Cara menggunakan file dan pengaturan Transfer Wizard Disk dalam Windows XP

Jika hard disk memiliki lapisan drive atau program manajemen disk, pastikan kompatibel

Jika komputer Anda menggunakan pengandar tampilan perangkat lunak untuk harddisk besar dukungan, tidak menggunakan program penataan Windows XP ke partisi atau memformat drive sampai Anda telah memverifikasi bahwa Windows XP kompatibel dengan perangkat lunak. Jika Anda memiliki drive tampilan perangkat lunak diinstal, hubungi pembuat perangkat lunak untuk mencari tahu apakah itu kompatibel dengan Windows XP. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki drive tampilan perangkat lunak diinstal, hubungi pabrik pengandar perangkat keras atau motherboard Anda.

Jika Anda memiliki perangkat lunak yang Anda ingin menginstal ulang, verifikasi bahwa Anda memiliki disk

Pastikan bahwa Anda memiliki CD atau floppy disk asli sehingga Anda dapat menginstal ulang program perangkat lunak setelah partisi dan memformat pengandar. Jika Anda membeli upgrade untuk program, pastikan bahwa Anda memiliki versi lengkap dari program asli. Banyak upgrade untuk program memerlukan pemeriksaan kepatuhan sebelum Anda dapat menginstal upgrade produk. Jika Anda tidak dapat menemukan CD asli atau floppy disk, hubungi pabrik perangkat lunak sebelum Anda melanjutkan.

Jika Anda telah memperbarui pengandar perangkat untuk periferal, mendukung mereka

Jika Anda telah menginstal pengandar perangkat yang diperbarui untuk periferal Anda (misalnya, modem dan printer), pastikan bahwa Anda membuat cadangan driver baru untuk perangkat ke lokasi lain daripada pengandar yang ingin Anda format dan partisi sehingga Anda dapat menginstal ulang setelah Anda menginstal sistem operasi Anda.

Mengkonfigurasi komputer Anda agar dihidupkan dari pengandar CD atau DVD

Untuk menghidupkan komputer dari Windows XP CD, komputer Anda harus dikonfigurasi untuk mulai menjalankan dari pengandar CD atau DVD. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus mengubah pengaturan BIOS komputer Anda untuk mengatur konfigurasi ini. Untuk informasi tentang cara mengkonfigurasi komputer Anda agar dihidupkan dari pengandar CD atau DVD, baca dokumentasi yang disertakan bersama komputer Anda atau hubungi pabrik komputer.

Jika Anda memiliki komputer yang tidak dapat mulai menjalankan dari pengandar CD atau DVD dan Anda perlu untuk mulai menjalankan komputer dari startup disk, pastikan bahwa Anda memiliki disk floppy penataan sehingga Anda dapat menjalankan program Penataan dari pengandar disket.

Catatan Anda bisa mendapatkan disk boot Penataan Windows XP dari Microsoft, tetapi hanya dengan download. Kami menyediakan disk boot Penataan agar Anda dapat menjalankan program Penataan di komputer yang tidak dapat menggunakan CD-ROM bootable. Jika Anda dapat menjalankan komputer dari CD-ROM atau dari instalasi berbasis jaringan, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan metode instalasi tersebut. Produk di masa mendatang tidak akan lagi mendukung instalasi dengan menggunakan disk boot Penataan.

Cara mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras menggunakan program penataan Windows XP

Anda dapat menggunakan program penataan Windows XP mempartisi dan memformat pengandar perangkat keras. Untuk melakukannya, gunakan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Partisi hard disk

  1. Masukkan Windows XP CD ke pengandar CD atau DVD, atau masukkan disk Penataan Windows XP pertama ke dalam kandar floppy disk, dan kemudian restart komputer untuk menjalankan program penataan Windows XP.

    Catatan Jika Anda menggunakan disk Penataan Windows XP, masukkan disk tambahan setiap saat Anda diminta, dan kemudian tekan ENTER untuk melanjutkan setelah Anda memasukkan setiap disk.
  2. Apabila Anda diminta, pilih opsi yang diperlukan untuk mulai menjalankan komputer dari pengandar CD atau DVD.
  3. Jika Anda hard disk controller memerlukan pengandar pihak ketiga original equipment manufacturer (OEM), Tekan F6 untuk menentukan pengandar.Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan F6 untuk menyediakan pengandar perangkat OEM pihak ketiga sementara menjalankan program penataan Windows, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
    314859  Dukungan pengandar OEM terbatas tersedia dengan F6 selama Windows XP Penataan
  4. Pada Selamat datang di penataan Halaman, tekan ENTER.

    Catatan Jika Anda menggunakan disk Penataan (enam bootable disk), setup akan meminta Anda untuk memasukkan Windows XP CD.
  5. Tekan F8 untuk menerima perjanjian lisensi Windows XP.
  6. Jika instalasi Windows XP ada terdeteksi, Anda akan diminta untuk memperbaikinya. Untuk menghindari perbaikan, tekan ESC.
  7. Semua partisi dan non-dipartisi ruang terdaftar untuk setiap perangkat keras fisik. Gunakan tombol panah untuk memilih partisi yang ada, atau membuat partisi baru dengan memilih non-dipartisi ruang di mana Anda ingin membuat partisi baru. Anda juga dapat menekan c untuk membuat partisi baru menggunakan non-dipartisi ruang.

    Catatan Jika Anda ingin membuat partisi di mana satu atau lebih partisi yang sudah ada, Anda harus menghapus dahulu ada partisi atau partisi, dan kemudian membuat partisi baru. Anda dapat menekan d untuk menghapus partisi yang ada, dan kemudian tekan L (atau tekan ENTER, dan kemudian tekan l jika partisi sistem) untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus partisi. Ulangi langkah ini untuk setiap partisi yang telah ada yang ingin Anda sertakan dalam partisi baru. Ketika semua partisi yang dihapus, pilih non-dipartisi ruang yang tersisa, dan kemudian tekan c untuk membuat partisi baru.
  8. Untuk membuat partisi dengan ukuran maksimum, tekan ENTER. Untuk menentukan ukuran partisi, ketik ukuran megabyte (MB) untuk partisi baru, dan kemudian tekan ENTER.
  9. Jika Anda ingin membuat partisi tambahan, ulangi langkah-langkah g. dan h.
  10. Untuk memformat partisi dan menginstal Windows XP, lanjutkan ke langkah 2.

    Jika Anda tidak ingin menginstal Windows XP, tekan F3 dua kali untuk keluar dari program penataan Windows, dan kemudian tidak mengikuti langkah-langkah selanjutnya pada artikel ini.

    Untuk memformat partisi tanpa memasang Windows XP, gunakan utilitas yang berbeda.

Langkah 2: Memformat hard disk dan menginstal Windows XP

  1. Gunakan tombol panah untuk memilih partisi di mana Anda ingin menginstal Windows XP, dan kemudian tekan ENTER.
  2. Pilih opsi format yang ingin Anda gunakan untuk memformat partisi. Anda dapat memilih dari opsi berikut:
    • Format partisi dengan menggunakan sistem berkas NTFS (cepat)
    • Format partisi dengan menggunakan sistem berkas FAT (cepat)
    • Format partisi dengan menggunakan sistem berkas NTFS
    • Format partisi dengan menggunakan sistem berkas FAT
    • Biarkan sistem berkas saat ini utuh (tanpa perubahan)
    Catatan
    • Jika dipilih partisi partisi baru, pilihan untuk meninggalkan sistem berkas saat ini utuh ini tidak tersedia.
    • Jika dipilih partisi lebih besar dari 32 gigabyte (GB), sistem berkas FAT opsi ini tidak tersedia.
    • Jika dipilih partisi lebih dari 2 GB, program penataan Windows menggunakan sistem berkas FAT32 (Anda harus tekan ENTER untuk mengkonfirmasi).
    • Apabila partisi lebih kecil daripada 2 GB, program penataan Windows menggunakan FAT16 sistem berkas.
    • Jika Anda menghapus dan menciptakan partisi sistem baru, tapi Anda menginstal Windows XP pada partisi yang berbeda, Anda akan diminta untuk memilih sistem berkas untuk partisi sistem dan Startup.
  3. Tekan ENTER.
  4. Setelah program penataan Windows format partisi, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menginstal Windows XP. Setelah program penataan Windows selesai dan Anda sudah memulaikan kembali komputer, Anda dapat menggunakan alat-alat Manajemen Disk di Windows XP untuk membuat atau memformat partisi lainnya. Untuk informasi tambahan tentang bagaimana menggunakan alat-alat Manajemen Disk Windows XP ke partisi dan format hard disk Anda, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di Basis Pengetahuan Microsoft:
    309000  Cara Menggunakan Manajemen Disk untuk mengkonfigurasi disk dasar pada Windows XP.

Catatan tambahan

Sebelum Anda dapat menginstal sistem operasi seperti Windows XP, Anda harus terlebih dahulu membuat partisi primer pada pertama fisik hard disk (Disk 0) pada komputer Anda. Kemudian, Anda dapat memformat file system pada partisi untuk menciptakan apa yang disebut partisi sistem.

Atau, Anda dapat membuat sebuah partisi terpisah untuk sistem operasi pada hard disk fisik. Ini dikenal sebagai partisi Startup. Partisi sistem pada Disk 0 juga dapat digunakan sebagai sebuah partisi Startup.

PEMECAHAN MASALAH

Untuk informasi tambahan tentang cara memecahkan masalah partisi pada Windows XP, klik artikel berikut nomor ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
316505  Windows XP tidak mengenali semua ruang disk yang tersedia
310359  Tidak dapat melihat NTFS drive logis setelah menggunakan Fdisk
310561  Ukuran maksimum partisi menggunakan FAT16 sistem berkas di Windows XP
314097  Cara menggunakan Convert.exe untuk mengubah partisi untuk sistem file NTFS
301340  Selama persiapan Anda tidak mampu untuk memformat partisi dengan Tabel Alokasi File format
307844  Cara mengubah penetapan huruf kandar pada Windows XP
315224  Bagaimana menghapus Linux LILO Boot Manager

REFERENSI

Untuk informasi tambahan, klik berikut artikel nomor untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
314470  Definisi sistem partisi dan partisi Boot
314878  Ukuran cluster default untuk sistem file NTFS dan LEMAK
310525  Deskripsi sistem file FAT32 pada Windows XP
314081  Tujuan dari berkas Boot.ini pada Windows XP
Untuk informasi tambahan tentang bagaimana untuk membuat dan mengelola partisi di Windows XP, klik artikel berikut nomor ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
307654  Cara menginstal dan menggunakan Konsol Pemulihan di Windows XP

Berlaku bagi:
Kata kunci: 
kbpubtypekc kbfilesystems kbsetup kbtshoot kbhowtomaster kbenv kbmt KB313348 KbMtid
Penerjemahan MesinPenerjemahan Mesin
PENTING: Artikel ini diterjemahkan menggunakan perangkat lunak mesin penerjemah Microsoft dan bukan oleh seorang penerjemah. Microsoft menawarkan artikel yang diterjemahkan oleh seorang penerjemah maupun artikel yang diterjemahkan menggunakan mesin sehingga Anda akan memiliki akses ke seluruh artikel baru yang diterbitkan di Pangkalan Pengetahuan (Knowledge Base) dalam bahasa yang Anda gunakan. Namun, artikel yang diterjemahkan menggunakan mesin tidak selalu sempurna. Artikel tersebut mungkin memiliki kesalahan kosa kata, sintaksis, atau tata bahasa, hampir sama seperti orang asing yang berbicara dalam bahasa Anda. Microsoft tidak bertanggung jawab terhadap akurasi, kesalahan atau kerusakan yang disebabkan karena kesalahan penerjemahan konten atau penggunaannya oleh para pelanggan. Microsoft juga sering memperbarui perangkat lunak mesin penerjemah.
Klik disini untuk melihat versi Inggris dari artikel ini:313348  
 
SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar